Home
EDISI TERBARU
Image
 
User Login

CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Vivi)

Syndicate
Who's Online

Image

Image 

 
Bahan Penunjang Membuat Donat PDF Print E-mail
Monday, 24 October 2011

Image

        Variasi olahan kue pada dasarnya telah diupayakan sejak jaman dulu. Kreasi-kreasi bar uterus bermunculan sesuai dengan tren yang sedang musim. Banyak kreasi yang dapat diciptakan dalam membuat kue donat. Mulai dari bentuk, bahan, hingga hiasan yang dibuat

untuk mempercantik penampilan donat. Berikut adalah berbagai macam bahan penunjang dalam membuat donat yang dapat ditambahkan dan berfungsi untuk meningkatkan kualitas donat baik dari rasa maupun penampilan.

 

Cokelat
        Banyak variasi cokelat yang dapat digunakan sebagai bahan campuran adonan donat. Antara lain cokelat bubuk, cokelat pasta, cokelat masak dan juga cokelat beras atau cokelat chip. Semua bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Selain digunakan dalam adonan donat cokelat juga dapat digunakan untuk membuat adonan isi ataupun topping donat.

 

Kacang-kacangan
Image    Kacang-kacangan dapat ditambahkan dalam adonan donat baik secara utuh, dicincang, maupun dihaluskan dalam bentuk puree ataupun tepung. Biasanya kacang yang akan dicampurkan dalam adonat disangrai terlebih dahulu karena proses pematangan kacang lebih lama disbanding dengan waktu menggoreng atau memanggang donat. Selain digunakan sebagai campuran dalam adonan donat, kacangkacangan juga dapat digunakan
sebagai bahan isi ataupun topping donat. Kacang-kangan yang biasa dipakai antara lain kacang mete, kacang tanah, kacang almond dan sebagainya.

 

Padi-padian dan Serealia
       Padi-padian atau serealia yang biasanya digunakan untuk campuran tepung terigu dalam membuat donat biasanya telah diolah menjadi tepung yang siap pakai. Sebagai contoh di pasaran terdapat tepung ketan hitam, tepung gandum, dan juga yang lainnya. Namun yang biasa dipakai untuk variasi membuat donat adalam tepung ketan hitam, karena tepung ini mudah didapat di pasaran. Perbandingan antara tepung terigu dan tepung ketan hitam biasanya dibuat 1:4 atau untuk 1kg tepung terigu daigunakan 250 gram tepung ketan hitam agar hasil jadi donat masih empuk.

 

Umbi-umbian
Image   Bahan baku donat dapat disubtitusikan dengan bahan dari umbiumbian seperti kentang, ubi rambat, singkong, ataupun umbi-ubian lainnya yang memiliki kadar karbohidrat dan gluten tinggi. Tentunya penggunaan tepung terigu sebagai bahan baku utama tidak dihilangkan begitu saja. Biasanya bahan umbi-umbian yang ditambahkan sebesar setengah dari bahan tepung. Bahan umbi-umbian yang akan dicampurkan dalam adonan sebaiknya dikukus terlebih dahulu dan dihaluskan hingga menjadi puree. Bahan umbiumbian yang telah berbentuk puree dicampurkan dalam tepung terigu dan bahan kering lainnya sebelum ditambahkan cairan. Penambahan cairan dalam resep dapat dikurangi jika menambahkan bahan dari umbi-umbian. Hal ini dikarenakan puree umbi juga mengandung kadar air yang dapat berpengaruh pada kelembaban adonan. Selain digunakan bahan dari umbi segar yang dikukus dan dibuat puree, penggunaan bahan umbi untuk adonat donat juga dapat dibuat tepung terlebih dahulu untuk masa simpan yang lebih lama. Saat ini telah banyak dijual di pasaran tepung umbi yang dapat digunakan untuk membuat berbagai variasi olahan kue sebagai pengganti tepung terigu. Sebagai contoh di pasaran adalah tepung kentang, tepung singkong, dan tepung ubi.

 

Pasta
     Ditambahkan dalam adonan donat sebagai penambah variasi rasa dan warna yang menarik. Banyak jenis pasta yang dijual di pasaran, diantaranya adalah pasta cokelat, pasta dengan rasa dan aroma buah-buahan, bahkan pasta umbi seperti pasta talas dan ubi. Penggunaan pasta dalam adonan donat tidak terlalu banyak sekitar 1-2 sendok teh saja karena warna dan aromanya cukup tajam. Pasta dapat ditambahkan pada campuran adonan donat, sebagai campuran isi maupun topping.

 

Buah Kering
Image     Buah kering yang banyak dijual di pasaran juga dapat dicampurkan dalam adonan donat namun perannya bukan sebagai pengganti tepung terigu. Penambahan buah kering dalam adonan hanya dimaksudkan untuk variasi rasa dan penampilan saja. Buah kering yang digunakan antara lain kismis, sukade, mix fruit, dan sebagainya. Penambahan buah kering dalam adonan sekitar 10-25% dari berat adonan yang digunakan. Buah kering dalam adonan ditambahkan pada saat adonan telah menjadi setengah kalis agar buah tidak terlalu hancur dalam adonan karena terlalu lama diuleni.

 

Gula Palm
      Untuk memberi rasa legit pada donat dapat ditambahkan gula palm dalam adonan donat sebagai pengganti gula pasir. namun sebaiknya gula pasir masih tetap ditambahkan dalam adonan karena jika hanya menggunakan gula palm saja, kue berasa kurang manis. 

 

Buah-Buahan
Image      Buah-buahan yang mengandung pati juga dapat dicampurkan dalam adonan donat seperti pisang, durian, dan sebagainya. Pisang dapat ditambahkan dalam adonan donat sebagai pengganti tepung terigu dan akan menjadikan kue berasa lebih manis dan empuk. Namun permukaan donat dengan tambahan pisang lebih cokelat dan kehitaman dibandingkan dengan donat biasa. Penambahan buah dalam adonan donat juga tidak terlalu banyak, sama halnya dengan penambahan bahan umbi dan jika dalam adonan donat telah ditambahkan buahbuahan maka cairan yang digunakan harus dikurangi agar adonan tidak lembek. Buah yang akan dicampur dalam adonan sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu atau dipotong lebih kecil agar mudah dicampur dengan bahan lain dan tidak menyebabkan adonan bantat.

 

 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
Rubrikasi
Donat
Donat
Bahan Penunjanng
Bahan Toping