Home
EDISI TERBARU
Image
 
User Login

CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Vivi)

Syndicate
Who's Online

Image

Image 

 
Donat Untung Meningkat PDF Print E-mail
Friday, 21 October 2011

Image

    Roti bentuk cicin seperti ban mobil yang digoreng dan diberi aneka variasi topping yang menarik ini sangat dikenal masyarakan Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia. Donat merupakan

kue siap saji yang mudah dikonsumsi di mana saja dan kapanpun. Dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menggemari kue ini. Ukurannya yang terbilang besar dapat mengenyangkan sehingga dapat menggantikan menu utama untuk mengganjal perut yang sedang lapar. Bukan hanya itu, donat juga biasa digunakan sebagai pilihan pengisi snack box ataupun sajian untuk coffee break sehingga kue ini dapat dijadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Tanpa harus mengeluarkan biaya besar usaha ini dapat terus berjalan dan mendatangkan untung yang selalu meningkat asalkan dijalankan dengan baik dan ulet.

     PADA mulanya donat dibuat dari adonan kalis hasil pencampuran tepung terigu, gula pasir, telur, air, mentega dan ragi yang difermentasikan terlebih dahulu hingga mengembang dan dibentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Setelah itu donat digoreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan dan diberi topping sesuai dengan selera. Dulu donat hanya disajikan dengan taburan gula halus atau meses cokelat saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sajian donat semakin bervariasi dan selalu disesuaikan dengan permintaan konsumen. Bukan hanya penambahan topping saja yang ditampilkan, namun juga ada banyak variasi isi yang dapat ditambahkan untuk menambah kenikmatan donat. Bahkan bentuk donatpun sekarang tidak lagi bulat dan ada lubang di tengahnya. Banyak variasi bentuk donat yang bisa dibuat dengan variasi topping yang menarik dan isian yang nikmat. Untuk bahan dasar donat sendiri juga dapat digantikan dengan bahan umbi-umbian, buah dan yang lainnya sebagai pengganti tepung terigu. Bukan hanya itu, teknik pembuatan donat kini juga tak lagi harus dibuat menjadi adonan padat yang kalis, namun juga dapat dibuat dari adonan cair maupun kental bahkan donat tika harus digoreng melainkan juga dapat dipanggang atau dioven.

      Begitu banyak variasi yang dapat diciptakan untuk membuat donat. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Beberapa usaha olahan donat yang pernah ada dan telah berjalan sukses adalah donat kentang yang dikenal dengan teksturnya yang empuk, café donat yang dikenal karena tempatnya yang tepat untuk nongkrong dan sekedar minum kopi sambil menikmati variasi sajian donat. Kedua konsep usaha di atas telah menjadi tren usaha di masyarakat yang dapat dikatakan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Konsep usaha dengan produk utamanya variasi olahan donat juga dapat dibuat lebih inovatif lagi jika kita menginginkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Tidak sedikit konsumen yang menggemari makanan yang satu ini, bahkan ada banyak penggemar donat yang dapat dijadikan sebagai pelanggan setia ketika kita membuka café donat. Donat tak harus manis dan selalu dijadikan hidangan penutup. Donat juga bisa dijadikan sebagai menu utama pengganti nasi yang dapat mengenyangkan.

 

Langkah-Langkah Membuka Usaha Donat

Image    Donat merupakan salah satu produk bakery yang banyak digemari oleh masyarakat. Cara membuatnya yang relatif mudah dan topping yang menarik menjadikan produk ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. LANGKAH AWAL yang harus dilakukan untuk memulai usaha ini adalah MELAKUKAN SURVEI PASAR yang meliputi survei pasar, produk, tempat dan cara promosi yag tepat untuk usaha ini. Survei tersebut saling berkaitan seperti halnya harga produk yang akan ditentukan harus melihat tempat usaha dan kualitas produk yang dihasilkan. Semakin tinggi tingkat ekonomi di sekitar lokasi usaha, maka harga jual produk juga dapat ditingkatkan lebih tinggi lagi tentunya dengan kualitas produk yang tinggi pula.

LANGKAH KEDUA untuk membuka suatu usaha donat adalah MENGANALISA SURVEI YANG TELAH DILAKUKAN. Analisa hasil survei tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan dalam MEMBUAT RENCANA USAHA. Setelah rencana usaha telah dibuat dan dimatangkan, maka selanjutnya pendiri usaha harus MEMPERSIAPKAN MODAL AWAL. Bukan hanya berupa uang saja namun juga berupa peralatan yang sangat vital untuk usaha donat. Selain modal awal yang harus dipersiapkan, pendiri usaha donat juga harus MENENTUKAN PANGSA PASAR YANG AKAN DITUJU. Jika pangsa pasar yang dituju adalah kelas menengah ke bawah, maka produk donat yang akan dijual diprioritaskan pada kuantitas, bukan kualitas, sehingga harga jual produk relatif murah. Begitu pula sebaliknya.

 

Standar Resep Paten Adalah Penentu Kelancaran Proses Produksi

Image   Standar resep yang telah dipatenkan dari hasil uji coba refrensi berbagai resep yang telah dipilih akan menentukan kelancaran proses produksi dalam setiap usaha yang masih baru. Langkah ini dilakukan untuk menjaga image produk karena citarasa produk tidak akan berubah setiap saat. Ketika melakukan uji coba resep untuk menentukan standar resep yang paten kita juga harus mempertimbangkan penggunaan bahan yang ekonomis namun berkualitas baik. Setiap resep pastinya memiliki keunggulan yang berbeda-beda, oleh sebab itu kita harus pintar memodifikasi antar beberapa resep sehingga diperoleh standar resep yang memiliki tampilan, rasa, dan tekstur yang terbaik. Pemenuhan kebutuhan bahan baku untuk usaha donat tidak dapat diperoleh dalam satu tempat atau toko bahan kue yang menjual berbagai macam kebutuhan bahan. Hal ini dimaksudkan sebagai pertimbangan penekanan biaya produksi yang tidak terlalu tinggi.Sebaiknya pembelian bahan baku dilakukan secara partai besar atau banyak. Supplier khusus bahan kue juga dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan bahan utama pembuatan donat.

 

Rencana Disain Tempat Usaha dan Pemasaran Yang Matang

Image   Setelah standar resep donat yang paten ditentukan, saatnya merencanakan disain tempat usaha dan bagaimana memasarkan produk yang telah dibuat dengan baik dan efektif hinga dapat mendatangkan konsumen yang banyak. Jika usaha donat akan dibuat seperti gerai bakery, penataan ruang display yang menarik sangat menentukan besarnya konsumen yang datang untuk membeli produk yang ditata dalam sebuah meja display. Buat tampilan gerai display semenarik mungkin dengan warna-warna ruang yang soft dan membuat pengunjung yang datang betah berlama-lama di dalamnya. Pemasaran usaha dapat direncanakan dengan membuat brosur yang dapat disebarkan di sekitar lokasi usaha atau di kantor-kantor perusahaan yang sering mengadakan event rapat. Promosi juga dapat dilakukan melalui pemasangan iklan di internet dengan membuat web sendiri sehingga pemasaran produk donat akan lebih luas lagi.

 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
Rubrikasi
Donat
Donat
Bahan Penunjanng
Bahan Toping