Home arrow Aneka Tips arrow macam - macam PUDING
Image
Image
Image
 
 
User Login

CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Vivi)

Syndicate
Who's Online
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday333
mod_vvisit_counterYesterday423
mod_vvisit_counterThis week1207
mod_vvisit_counterThis month7478
mod_vvisit_counterAll214642

Image

Image 

 
macam - macam PUDING PDF Print E-mail
Tuesday, 09 August 2011

Image

      Puding adalah jenis kue yang terbuat dari pati (agaragar, tepung-tepungan atau hasil olahan seperti roti dan cake) yang diolah dengan cara direbus, kukus atau dibakar (au bien mari) kemudian dibekukan dalam cetakan sehingga menghasilkan gel dengan tekstur yang lembut. Puding biasanya disajikan sebagai makanan  pencuci mulut (dessert)

 atau makanan selingan. Puding dapat disajikan dalam berbagai kesempatan dengan berbagai variasi rasa, bentuk dan tekstur. Ada beberapa macam jenis puding berdasarkan bahan dan teknik memasaknya.

Jenis puding berdasarkan teknik memasaknya, yaitu:
PUDING PANAS
      Puding panas yaitu puding yang dimasak dengan cara dikukus. dipanggang dalam oven atau au bin marie (dipanggang dalam oven dengan alas loyang yang telah disi dengan air) dan disajikan dalam keadaan panas. Puding panas biasanya berbahan baku roti tawar, puding ini sering terlihat mirip dengan bolu, tapi lebih basah, lembut dan mudah hancur.

PUDING DINGIN
Image   Puding dingin yaitu puding yang disajikan dalam keadaan keras atau membeku. Ada beberapa macam puding dingin, yaitu:
-  PUDING LAPIS : puding ini berlapis-lapis atau bersap-sap. Dibutuhkan kesabaran saat membuat puding lapis karena saat menuang adonan puding harus menunggu perlapisnya setengah beku baru dituang lapisan berikutnya.
- PUDING CUP : puding cup yaitu puding yang cetak dan disajikan dalam cup plastik atau gelas. Puding ini lebih praktis dan cantik dibandingkan dengan jenis puding yang lain.
- PUDING HIAS : puding hias yaitu puding yang dihias terlebih dahulu sehingga penampilannya cantik. Puding jenis ini biasanya disajikan untuk hantaran, pesta pernikahan atau ulang tahun.

Jenis puding berdasarkan cairan dan bahan tambahannya, yaitu:
Image PUDING SUSU
    Puding susu merupakan salah satu jenis puding yang banyak digemari. Cairan puding ini menggunakan susu segar, namun tak jarang pula yang menggunakan susu bubuk (dicairkan dengan air) dan susu kental manis (dicairkan dengan air dan komposisi gula dikurangi atau dihilangkan).

PUDING SANTAN
    Puding jenis ini menggunakan cairan santan. Rasanya manis legit gurih karena rasa santan yang gurih. Puding santan merupakan puding tradisional, karena adonan puding ini biasanya dicampur dengan gula merah, cendol, kelapa muda, cincau dan lain-lain.

PUDING BUSA
     Puding busa adalah puding yang terbuat dari campuran adonan puding dan putih telur ayam yang dikocok hingga kaku. Rasa puding ini legit dan teksturnya lebih lunak dan ringan seperti busa.

PUDING TELUR
    Puding telur adalah puding susu, puding roti atau puding santan yang ditambah dengan kuning telur ayam. Penambahan kuning telur bertujuan untuk membuat puding menjadi lebih gurih.

PUDING BUAH
    Puding buah yaitu adonan puding yang ditambah dengan buah segar, sari buah atau buah kaleng. Untuk membuat puding buah dibutuhkan kesabaran agar puding terlihat lebih cantik.

PUDING CAKE
    Puding roti yaitu puding yang ditambah dengan cake, bolu atau roti tawar. Karena cake cepat menyerap cairan maka tuang adonan puding dalam keadaan tidak panas agar puding tidak menyatu dengan cake.

 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
Rubrikasi
Aneka Tips
Saran Pakar
Profil Pengusaha
Resep Usaha
Seputar Alat dan Mesin
Menu Unik
Liputan Wira Usaha
Artis
Menu Ala Chef
Peluang Usaha
Image
Image
Image
 
Advertisement