Home
EDISI TERBARU

Image 

 
Image
Image
Image
 
 
User Login

CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Vivi)

Syndicate
Who's Online

Image

Image 

 
Makanan Vegan Yang Sehat Sekaligus Murah PDF Print E-mail
Tuesday, 19 July 2011

Image

      Pas untuk Anda pencari makanan vegan yang sehat. Apalagi harganya yang murah dan tempatnya juga nyaman. Namanya Depot Mulia Vegetarian, beragam menu seperti Nasi Lele, Soto, Sate, Bakso, Pangsit Mi, semuanya ada. Lantas dimana menu vegetariannya ? Tak usah merasa tersiksa jika Anda harus menjadi vegan atau memang berkeinginan  makan tanpa bahan hewani.

 Karena kini banyak sekali tempat makan vegetarian yang siap memanjakan lidah Anda hingga Anda tidak merasa telah meninggalkan bahan-bahan hewani. Peluang inilah yang coba dibidik oleh Ibu muda satu ini. Ketertarikan Dewi Pradnyamitha Parameswari (30) yang akrab dipanggil Mitha dalam menjalankan bisnis makanan yang berlabelkan Depot Mulia Vegetarian ini berangkat dari hobinya yang cukup besar pada kegiatan kuliner. Karena hobi itulah Ibu muda ini tertarik untuk mengembangkan usaha makanan yang dirintis dari rumahan, sehingga kemampuannya di dunia kuliner ini pun semakin tergali dan terasah.

Image    Awalnya Mitha tidak berniat membuka tempat makan atau depot itu. Setelah menikah dan memiliki si kecil, Mitha yang tak ingin menganggur dan niatnya hanya cobacoba membuat makanan yang serba vegetarian untuk dinikmati sendiri bersama keluarga, kadang juga ditawarkan untuk dicicipkan pada teman-teman, yang ternyata berbuntut manis. Rupanya, dari informasi mulut ke mulut itulah hasil kreasi makanan buatan Mitha yang serba vegetarian mulai dikenal, sehingga wanita yang telah menjadi vegan sejak usia 24 th ini pun mulai mencoba membuat beragam makanan vegan yang khas dan berbeda dengan yang sudah ada di pasaran. ‘Kami menyediakan menu sehat tanpa daging, tanpa telur dan tanpa susu dengan menjaga kelezatan rasa dan harga yang ekonomis’ tutur Mitha. Singkat cerita, terhitung sejak pertengahan tahun 2010 hingga sekarang, Mitha memberanikan diri untuk membuka usaha tempat makan serba vegetarian. Pilihannya untuk usaha makanan vegan bukan semata-mata karena makanannya sehat yang aman dikonsumsi. Pola hidup vegetarian kini sudah menjadi pilihan dan gaya hidup yang telah direkomendasikan oleh PBB untuk kesehatan sekaligus mengurangi dampak Global Warming. ‘Jadi jangan takut kalau pola makan vegetarian, maka sehari-harinya akan lemas. Justru sebaliknya, daya tahan tubuh mudah bertahan, segar dan tenang, ungkapnya. Di Depot Mulia Vegetarian menawarkan sejumlah kelezatan hidangan kaki lima yang namanya cukup populer. Ada Nasi Lele, Soto, Sate, Nasi Goreng, Nasi Jamur, Bakso hingga Pangsit Mi. Tidak hanya itu, di tempat ini juga menyediakan kudapan vegetarian seperti bakpau, muffin, kue kering, kue basah dan aneka bahan vegetarian lainnya: mi instan, terasi, petis, aneka krupuk, stik tahu, kaki jamur, saus tiram, bumbu pecel, susu kedelai, sambal vegan, nori, kembang tahu, proteina, abon jamur, BBQ saus, tepung bumbu, dan masih banyak lagi.

 

IKAN LELE SERASA DAGING ASLI
      Mitha sengaja memilih menawarkan kelezatan hidangan kaki lima yang namanya cukup populer. Ada Nasi Lele, Soto, Sate, Nasi Goreng, Nasi Jamur, Bakso dan Pangsit Mi sebagai jualannya. Semua makanan tersebut diracik secara khusus untuk para vegan. Dengan racikan komposisi yang sedemikian rupa, membuat Mitha lebih cermat memodifikasi olahan daging tiruan sehingga memiliki citarasa yang unik dan lebih mantap rasanya. Tentu saja di sini bukan hanya terhidang makanan tanpa daging hewan, tetapi juga bebas bawang, telur, dan susu. “Pendeknya semua bahanbahan itu tidak boleh dikonsumsi bagi kaum vegan,” tandas Ibu muda kelahiran Malang 30 tahun lalu. Walaupun semua makanan tersebut dibuat bukan dari daging sungguhan, rasa “daging” ini tidak kalah dengan daging asli. Bahkan, tekstur maupun warnanya sangat mirip. Coba saja menu nasi lele, selain rasanya yang mak nyus, tekstur daging ikan palsu ini terasa khas. Ikan lele ini juga dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip ikan lele asli. Penyajian nasi lele inipun tidak luput dari keindahan. Coba saja pesan ‘daging ikan lele’ goreng yang dibungkus dengan kulit tahu ini. Wah, tak Anda kira bahannya hanyalah tahu yang dihaluskan.

     Semua itu berkat bumbu yang dibuat persis dan rasanya gurih. ‘Semua menu-menu ini hasil dari eksperimen, bahan-bahannya ada dari sayuran, jamur hingga kedelai. Nah untuk ikan lele ini saya buat dari tahu yang dibungkus dengan nori dan kulit tahu. Hmm, setelah digoreng rasanya cocok untuk lidah konsumen. Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan sajian ini masih terasa asing. Tapi begitu ikan lele ini disajikan dengan sambal bajak vegetarian, ternyata mendapat tanggapan dari pembeli yang cukup baik’ tutur lulusan S-1 Teknologi Pangan Unibraw Malang ini

‘SETUJU’ HARGA SEBANDING DENGAN CITARASA
Image   Makanan vegan banyak diminati saat ini karena mengkonsumsi makanan sehat bisa menjadi kebiasaaan agar kesehatan badan terjaga. Dalam memulai peluang bisnis makanan vegetarian, yang dibutuhkan ibu dari Anak Agung Gede Krisna Sanjaya (3,5 th) ini adalah kesiapan mental dan modal. Bukan hanya itu, konsistensi rasa, kreasi sajian dan pelayanan yang baik itu bisa dijadikan kunci sukses keberhasilan usaha. ‘Dalam usaha makanan vegetarian, saya selalu mengutamakan kualitas. Karena ini sebagai hobi, bukan semata sebagai mata pencaharian utama saya’ jelas Mitha.

Tips:
   Sebenarnya kita tidak akan kehabisan ide dalam mengolah bahan nabati menjadi masakan vegan yang lezat dan bergizi. Makanan vegan sendiri memiliki keunggulan, diantaranya:
- Makanan vegan mengandung lebih banyak zat makanan. Makanan nabati mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, kalsium, selulosa, kaya serat, dll.
- Makanan vegan mencegah dan mengurangi penyakit.
- Banyak riset membuktikan bahwa pada umumnya penyakit disebabkan oleh daging. Dengan mengurangi atau bahkan mencegah konsumsi daging, berarti kita telah mencegah timbulnya penyakit seperti kanker, tumor, jantung, dll.
- Bahkan daging juga identik dengan kolesterol yang memicu timbulnya hipertensi.
- Makanan vegan bersifat ekonomis.
- Makanan vegan menambah lebih banyak energi bagi tubuh daripada daging.
- Makanan vegan menngandung zat anti penuaan (anti oksidan).
- Pengolahan makanan vegan jauh lebih beragam daripada daging.

RESEP NASI JAMUR
BAHAN:
Image  - Jamur tiram segar 100 gram
- Tepung bumbu 50 gram
- Minyak goreng secukupnya

PELENGKAP:
- Nasi putih
- Sambal bajak
- Daun selada

CARA MEMBUAT:
1. Jamur disuwir-suwir memanjang, sisihkan.
2. Tumis jamur dalam wajan anti lengket hingga agak kering, angkat.
3. Lumuri jamur dengan tepung bumbu hingga permukaannya rata.
4. Goreng dalam minyak panas sedang hingga kuning kecokelatan, tiriskan.
5. Sajikan jamur oring dengan pelengkap.

TIPS:
Tujuan jamur ditumis tanpa minyak dalam wajan anti lengket adalah untuk menghilangkan air dan rasa pahit.

RESEP NASI LELE
BAHAN:
Image  - Tahu putih 2 buah
- Kembang tahu 1 lembar, potong kotak
- Nori 1 lembar, potong kotak
- Tepung terigu 2 sendok makan
- Merica bubuk 1 sendok teh
- Gula pasir 2 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Bumbu penyedap veggie 2 sendok teh
- Minyak goreng secukupnya

PELENGKAP:
- Nasi putih
- Sambal bajak
- Daun selada

CARA MEMBUAT:
1. Tahu dihaluskan hingga lembut.
2. Tambahkan tepung terigu, lalu bumbui dengan merica, gula dan garam, aduk rata.
3. Siapkan selembar nori, lalu letakkan 1 sendok makan adonan tahu, gulung agak padat.
4. Bungkus kembali dengan kulit tahu, lalu gulung hingga agak padat.
5. Kukus tahu gulung selama 30 menit hingga matang, angkat dan tiriskan.
6. Gulungan tahu dikerat-kerat, lalu goreng dalam minyak panas sedang hingga kecokelatan, tiriskan.
7. Sajikan jamur goreng dengan pelengkap.

 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
Rubrikasi
Aneka Tips
Saran Pakar
Profil Pengusaha
Resep Usaha
Seputar Alat dan Mesin
Menu Unik
Liputan Wira Usaha
Artis
Menu Ala Chef
Peluang Usaha
Image
Image
Image
 
Advertisement