Image
Image
Image
 
 
User Login

CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Vivi)

Syndicate
Who's Online
We have 2 guests online

Image

Image 

Image 

 
Puding Hias Untuk Hantaran PDF Print E-mail
Thursday, 07 July 2011

Image

     Bingkisan atau hantaran tentunya identik dengan sesuatu yang spesial, pesta, indah dan unik. Jenis hantaran itu sendiri banyak macamnya, mulai dari yang harganya mahal sampai yang paling murah atau mulai dari yang modelnya rumit sampai simple.

Semuanya tergantung dari tema acara, dan untuk siapa hantaran tersebut. Hantaran seringkali ditemui saat pesta pernikahan, disana akan banyak dijumpai beragam jenis hantaran dengan desain yang menarik dan unik. Jika diamati, hantaran lebih banyak dikreasikan pada bahan-bahan kering seperti kain, pakaian, kosmetik dan yang lainnya. Sedangkan hantaran dari kue atau cake modelnya masih monoton dan hanya diberikan sedikit sentuhan untuk hiasannya. Terkecuali untuk decorating cake atau yang lebih sering disebut kue tart, PERNAHKAH melihat puding untuk hantaran? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Jika jawabannya tidak, maka berbahagialah karena pada edisi ini Tabloid LeZAT akan menyajikan puding untuk hantaran ala Chimel Cake. Setelah mengatur jadwal untuk ketemuan. akhirnya LeZAT mendapatkan kesempatan untuk bertandang ke dapur Chimel Cake. Sapaan ramah dan hangat dari Melinda sang pemilik Chimel Cake, sudah terasa saat mengunjungi rumahnya di Jln. Kepa Timur Raya No.19 A, Jakarta Barat.
 
Toko Online Untuk Memasarkan Produk
Image     Melinda, yang lebih akrab disapa Imel ini tergolong pemain baru dalam bisnis kuliner via online. Dengan membuka situs online www.chimelcake.com telah membuktikan kreatifitasnya membuat produk-produk kue, cake dan pudding diminati banyak konsumen. Nama chimel sendiri ternyata diambil dari nama panggilan Imel saat duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. “Sempet bingung juga sih pada awal pemilihan nama brand ini, tapi saya teringat satu nama yaitu panggilan saya sewaktu SMP ‘chimel’ ini rasanya unik juga dan gampang melapalkannya makanya saya pakai nama chimel. Sedangkan cake karena saat itu saya hanya membuat di cake dan cake decorating, dan jika disatukan namanya menjadi chimel cake. Selebihnya tak ada arti apa-apa dalam pencantuman nama brand tersebut,” terang Imel yang sudah mengembangkan bisnis cake-nya ke puding. Imel banyak menerima orderan kue dan cake untuk ulang tahun, pernikahan, dan acara pesta lainnya. Sedangkan bermain di  pudding masih tergolong baru, itupun masih dalam lingkup hantaran pernikahan. Sebelum menekuni bisnis rumahan ini, Imel sempat magang di salah satu perusahaan penerbangan ternama. Namun karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan, Imel pun  banting setir dan memilih bekerja di rumah. “Saya berpikir saat itu bagaimana caranya agar saya tinggal di rumah tapi tetap bisa mendatangkan uang juga,” ungkap perempuan berdarah Minang ini. Akhirnya Imel pun mengikuti berbagai kursus membuat kue dan cake. Sambil dibantu bunda tercinta, Imel terus menekuni bisnis kue dan cake. Sejak tahun 2008 dan masih sendiri, Imel sudah memberanikan diri berani menerima pesanan cake hias. Imel mengaku banyak dibantu sang bunda dalam merintis bisnisnya tersebut, karena ibunya sudah terlebih dahulu terjun di bisnis kue dan cake tersebut. Produk cake kreasi Imel lebih banyak dipromosikan dari mulut ke mulut melalu teman dan saudara. Bahkan saat pertama kali menerima orderan pudding hantaran pun, datang dari saudaranya yang akan melangsungkan pernikahan. Saudaranya tersebut menginginkan ada variasi lain dari kue-kue untuk hantaran di acara pernikahannya tersebut.
 
Image      Lalu Imel pun mencoba berkreasi dengan puding. Meski awalnya dirasa cukup sulit untuk Imel membuat puding ini. Berani untuk mencoba dan tidak pantang menyerah, itulah yang ada dalam pemikirannya saat itu. Imel pun terus mencoba resep-resep puding agar menghasilkan puding yang enak dan bentuknya yang menarik. Ternyata kreasi pudding Imel banyak mendapatkan pujian dan akhirnya Imel pun banyak menerima pesanan puding meski hanya untuk konsumsi sehari-hari di keluarga. Dan sejak menikah pada Desember 2009 lalu, bisnis cake rumahan Imel banyak dibantu suami salah satunya membuat website chimel cake. Apalagi Andrayogi, suaminya yang berprofesi sebagai web designer ini juga memilih rumah sebagai tempat bekerja. Sehingga Imel pun semakin memantapkan langkahnya untuk menjalani bisnis cake dan puding tersebut. Meski baru via online tapi saat ini jangkauan pemasaran bisnis yang baru berusia 2 tahun ini sudah meliputi Jabodetabek. Dan dapur chimel cake ratarata menerima orderan sekitar 15 pesanan termasuk cake dan puding. Karena orderannya via online dan sistem pengirimannya melalui kurir, maka Imel memberikan batas waktu minimal 4 hari sebelum pesanan diantar. Hal ini dikarenakan Imel perlu waktu untuk mempersiapkan bahan, proses pengolahan, menghiasnya, dan mengatur pengiriman. Dan jasa pengantaran yang ditunjuk Imel ada dua yang merupakan kurir khusus untuk pengantaran cake dan satu lagi khusus pengantaran puding. Tarif pengantaran akan disesuaikan dengan jarak tempuh ke lokasinya, sehingga masing-masing daerah memiliki tarif yang berbeda. Prosedur pemesanan sendiri biasanya dilakukan via email. Pertama yang perlu diketahui adalah tema dari puding atau cake yang akan dibuat, siapa yang memesannya laki-laki atau perempuan, buget harganya, lalu modelnya. Setelah data-data didapatkan Imel, lalu iamengirimkan beragam gambar atau foto produknya agar bisa lebih mudah dipilih via email kepada konsumen. Dan konsumen akan memilih gambar atau foto yang disukai bahkan bisa juga pihak konsumen memiliki gambar yang dinginkan, lalu mengirimkan ilihannya tersebut via email. Setelah ditemukan kata sepakat termasuk harga dan biaya pengirimannya maka Imel pun langsung mempersiapkan bahan-bahannya dan mulailah berkreasi. Setelah selesai dibuat, maka produk pun siap diantar ke lokasi konsumen. “Sampai saat ini, imel tidak menemui konsumen yang rewel dan aneh-aneh. Kebanyakan konsumennya merasa puas dengan produk dari chimel cake. Kalaupun saya mendapatkan gambar dari situs tetangga tentunya saya akan membedakannya, karena saya tidak mau enjiplak hasil karya orang lain juga. Khususnya untuk cake saya sudah punya identitas sendiri yaitu lebih pada cokelat, sedangkan puding khasnya pada lapisanlapisan yang memiliki rasa berbeda tiap lapisannya,” papar perempuan kelahiran Jakarta, 5 Maret 1984 ini.
 
Menghias Puding untuk Hantaran
Image     Dalam mengkreasikan puding untuk hantaran, Imel hanya membedakan pada kemasan atau box-nya. Jika untuk konsumsi sehari-hari keluarga maka kemasan yang dipilih adalah kemasan plastik mika bening. Sedangkan untuk puding hantaran Imel menggunakan mika yang memiliki dasar gold. Untuk puding hantaran ini, Imel lebih banyak berkreasi di kemasan atau sentuhan akhir setelah puding dikeluarkan dari cetakannya. Untuk menjaga keindahan dan kualitas produk puding yang termasuk susah-susah gampang ini maka ornamen hiasan untuk hantaran biasanya tidak diletakkan sebelum pengiriman, tapi dilakukan setelah puding sampai di tempat konsumen. Dan Imel hanya memberikan tanda-tanda dimana letaknya ornamen-ornamen tersebut sesuai petunjuk yang ada dalam kemasannya. Harga puding hantaran ini tergantung dari kerumitan dan ornamen yang diinginkan konsumen. Jika puding biasa sekitar 60 ribu, dan puding hantaran antara 100 ribu sampai 200 ribu diluar biaya pengiriman. Sekali lagi untuk harga sangat tergantung dari tema dan kesulitan produknya. “Pada kesempatan ini, khusus untuk LeZAT saya akan mengkreasikan puding untuk hantaran ulang tahun anak,” seru alumni Budi Luhur jurusan sistem informatika ini. Sebelum Imel mempraktekkan resep puding buatannya, tak lupa ia pun memberikan tips dalam membuat puding lapis  yang menjadi identitas puding dari dapur chimel cake. Adapun tips-nya adalah, pada saat akan menuangkan lapisan puding kedua di atas lapisan puding pertama maka tekan perlahan permukaan puding dengan menggunakan ujung jari telunjuk. Jika permukaan puding tidak menempel dan tekstur puding masih sedikit kenyal atau lembek maka lapisan puding kedua sudah siap dituangkan diatasnya. Saat menuangkan lapisan puding ini lakukan secara perlahan  atau sedikit demi sedikit. Menurut Imel jika semua hal tersebut sudah dilakukan dengan benar maka puding lapis yang dibuat akan menghasilkan lapisanlapisan yang sempurna dan menyatu antara lapisan kesatu, dua dan seterusnya. Setelah sesi wawancara dengan LeZAT selesai, Imel pun langsung bergegas mengajak LeZAT ke dapur mungilnya. Tampak bahan-bahan puding sudah tertata rapi diatas meja kerja dapurnya. Tak lama setelah  menerangkan bahan-bahan yang akan digunakan, Imel pun langsung mengolah puding lapis yang nantinya akan dihias sebagai hantaran ulang tahun anak.
 
Strawberry Birthday Puding
Image  Bahan Lapisan 1:
- Strawberry 10 buah, belah dua
- Agar-agar bubuk warna merah 1 bungkus
- Gula pasir 80 gram
- Air 600 ml
 
Lapisan 2:
- Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
- Pewarna makanan kuning secukupnya
- Biskuit 12 buah, siap pakai
- Gula pasir 80 gram
- Air 600 ml
 
Lapisan 3:
- Agar-agar bubuk 1 1/2 bungkus
- Gula pasir 100 gram
- Susu cair full cream 650 ml
- Essence strawberry secukupnya (jika suka)
 
Cara Membuat:
Lapisan 1:
1. Campur agar-agar, air dan gula dalam panci.
2. Lalu panaskan dan aduk-aduk hingga mendidih.
3. Setelah mendidih angkat, dan tuang sedikit adonan puding dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air sebelumnya.
4. Atur buah strawberry yang telah dipotong-potong di atas adona puding yang masih hangat dalam cetakan tersebut. Dan biarkan puding dalam suhu ruang, sampai permukaan puding agak dingin.
5. Setelah puding terasa kenyal tapi masih agak lembek dan tidak menempel di jari tangan saat ditekan maka sisa adonan siap dituang perlahan-lahan.
 
Lapisan 2:
1. Campur agar-agar, gula, air dan pewarna kuning dalam panci. Dan aduk-aduk hingga mendidih.
2. Setelah mendidih, tuang sedikit lapisan puding 2 diatas lapisan puding 1.
3. Lalu atur dengan rapi biskuit diatas lapisan puding 2 yang masih dalam kondisi hangat. Lalu biarkan puding dalam suhu ruang sehingga permukaan puding sedikit kenyal.
4. Setelah permukaan puding sedikit kenyal, lalu tuang sisa puding 2 sampai habis secara perlahan-lahan agar biskuit tidak hancur dan puding tidak tercampur. Diamkan puding dalam suhu ruang.
 
Lapisan 3:
1. Campur agar-agar, susu, gula dan essence strawberry ke dalam panci. Dan aduk-aduk hingga mendidih dengan api sedang sehingga adoanan puding susu tidak pecah.
2. Setelah mendidih, angkat panci dari atas kompor sambil puding terus diaduk-aduk agar suhunya cepat turun.
3. Tuang puding lapisan 3 diatas lapisan 2 secara perlahan-lahan. Lakukan sampai adonan puding habis. Angin anginkan puding dalam suhu ruang beberapa saat sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin.
4. Setelah puding agak dingin lalu simpan puding dalam lemari pendingin selama sekitar 2 jam atau sampai puding mengeras.
5. Setelah puding mengeras, keluarkan dari lemari pendingin. Dan keluarkan dari cetakannya, maka puding siap untuk di hias.
 
Bahan Dekorasi untuk Puding:
- Ice cone bentuk kerucut 4 buah
- Ice cone bentuk cup 4 buah, yang telah dilapisi fondant warna merah muda
- Huruf atau nama yang berulang tahun terbuat dari fondant
- Butter cream warna hijau muda
- Ornamen patung princess
- Ornamen tulisan birthdays
- Lilin ulang tahun
- Strawberry secukupnya
 
Tahap Menghias Puding:
1. Letakan ice cone bentuk cup di keempat sudut wadah puding.
2. Letakan ice cone bentuk kerucut diatas ice cone bentuk cup, dalam posisi telungkup.
3. Lapisi permukaan bawah ornamen patung dengan butter cream, sebagai fondasi patung.
4. Letakkan ornamen patung-patung princess di atas puding dan atur secantik mungkin.
5. Letakkan huruf atau nama yang berulang tahun di bagian depan puding.
6. Letakkan ornamen birthday pelengkap lainnya, seperti lilin dan tulisan birthday.
7. Buat hiasan rumput-rumput di bagian bawah sekeliling puding.
8. Lalu simpan beberapa buah strawberry di atas rumput-rumput sehingga puding terlihat lebih cantik dan menawan.
9. Puding hantaran yang cantik untuk ulang tahun putri tercinta telah siap.
 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
Rubrikasi
Aneka Tips
Saran Pakar
Profil Pengusaha
Resep Usaha
Seputar Alat dan Mesin
Menu Unik
Liputan Wira Usaha
Artis
Menu Ala Chef
Peluang Usaha
Image
Image
Image
 
Advertisement