Image
Image
Image
 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
E-Tabloid
Rubrikasi
Aneka Kukis
Aneka Puding
Aneka Minuman
Aneka Cake
Masakan Asing
Menu Katering
Aneka Snack
Menu Kafe
Bakery
Menu Oriental
Kamus Dapur
Jajan Pasar
Hidangan & Sejarahnya
Piknik
Menu Harian
Favorite Si Kecil
Kreasiku
Kini Ku Tahu
Seputar Rumah Tangga
Penambah Uang Jajan
Coba Usaha
Sarapan Yuk
Selera Nusantara
Menu Bekal
Serba Coklat
Berita Boga
Resep - Resep
Manfaat Daun Ginseng PDF Print E-mail
Tuesday, 20 July 2010
ImageBosan dengan sayuran yang itu-itu saja ? Tengoklah sekali-kali ke pasar swalayan, Anda akan melihat sayuran asing bermunculan. Seperti daun ginseng, sayuran hijau ini sebenarnya

sudah lama ada, tapi jarang ada yang meliriknya. Apa sih yang menarik diketahui dari sayuran hijau ini ?

           Sayuran hijau ini sebenarnya sudah lama ada, namun jarang dilirik. Mungkin karena takut tidak suka karena belum tahu citarasanya atau tidak mengetahui cara mengolahnya.
           Daun ginseng, mungkin sebutan sayuran hijau ini lebih populer, ketimbang Anda mengenalnya kolesom atau ginseng Jawa (Talinum crassifolium). Di Indonesia, tanaman ini tumbuh subur dan banyak dibudidayakan karena dipercaya memiliki khasiat sebagai obat.
           Ditilik dari morfologinya, daun ginseng ini adalah tanaman perdu yang tumbuhnya semi menjalar dan bisa mencapai tinggi 60 cm. Bentuk daunnya cukup unik, oval berwarna hijau mengkilat. Begitu juga dengan bunganya yang majemuk dengan kelopak berwarna merah muda.
           Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, baik dengan biji maupun setek batang. Asal medianya gembur, cukup humus dan tidak tergenang air, maka tanaman ini bisa tumbuh subur. Kolesom atau ginseng Jawa juga cantik di tanam dalam pot sebagai tanaman hias atau tanaman pagar, karena bentuk daun dan bunganya yang cantik.

 

MANFAAT & KANDUNGAN GIZI
           Anda yang belum mencoba menikmati olahan daun ginseng, tentu tidak akan rugi. Daun ginseng sering kali dipercaya dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.
           Memang, belum ada sumber penelitian yang pasti tentang manfaat kolesom atau daun  ginseng Jawa. Namun secara turun temurun dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Sejauh ini baru diketahui bahwa di dalam akar kolesom mengandung zat aktif seperti saponin, flavonoid dan tanin. Yang pasti bagian daun mengandung vitamin A yang cukup tinggi, serat dan beragam mineral penting lainnya.
           Tak hanya itu, manfaat lain daun ginseng dalam dunia kecantikan mampu untuk menyegarkan wajah yang terlihat letih. Caranya dengan banyak-banyak mengkonsumsi daun ginseng yang diolah, seperti ditumis atau dimakan sebagai lalap. Dalam dua minggu wajah yang terlihat letih, akan segar kembali.
           Menurut para ahli, daun ginseng yang disebut juga dengan poslen talinum triangulare, daunnya yang biasa di tumis, konon berkhasiat mengobati penyakit maag. Sedangkan akar daun ginseng biasanya digunakan untuk mengobati bisul serta bengkakbengkak.

 

PENGGOLAHAN
           Semua bagian tanaman ini bisa di makan, mulai dari akar hingga daunnya. Biasanya akarnya tanaman ini bisa mengembung jika ditanam melalui biji. Banyak yang menfaatkan umbi tanaman ini untuk dikeringkan sebagai ramuan obat.
           Daunnya biasa dijual sebagai sayuran. Daun kolesom/ginseng Jawasangat cocok ditumis, dibuat cah (dimasak dengan sedikit air) atau sebagai campuran sayur sup. Rasanya lezat dengan tekstur lembut dan sedikit berlendir. Mengolah sayuran ini harus menggunakan api besar dan cepat karena waranya akan berubah menjadi kehitaman jika terlalu lama di masak.
           Nah, mulai saat ini Anda tidak perlu ragu coba mengolah daun ginseng. Siapa tahu Anda akan memperoleh menu favorit baru untuk menambah semarak menu sehari-hari. *Upi/dbs

 
Advertisement
Special Offers
Image Image
 
Image

Image

Image

Image

Image  

 

 
User Login

Syndicate
Who's Online
We have 16 guests online