Home arrow Kamus Dapur arrow Mantau Kukus atau Goreng Sama Enaknya
Image
Image
Image
 
Special Offers
Buku
Dvd
Resep Ebook
E-Tabloid
Rubrikasi
Aneka Kukis
Aneka Puding
Aneka Minuman
Aneka Cake
Masakan Asing
Menu Katering
Aneka Snack
Menu Kafe
Bakery
Menu Oriental
Kamus Dapur
Jajan Pasar
Hidangan & Sejarahnya
Piknik
Menu Harian
Favorite Si Kecil
Kreasiku
Kini Ku Tahu
Seputar Rumah Tangga
Penambah Uang Jajan
Coba Usaha
Sarapan Yuk
Selera Nusantara
Menu Bekal
Serba Coklat
Berita Boga
Resep - Resep
Mantau Kukus atau Goreng Sama Enaknya PDF Print E-mail
Tuesday, 01 June 2010
ImageMantau merupakan jajanan khas Cina yang citarasanya mirip bakpao. Dalam tradisi Cina, mantau disajikan bersama nasi atau sebagai pengganti nasi. Teksturnya lembut dan bagian dalamnya empuk. Dahulunya roti mantau disajikan tanpa isi namun sekarang sudah banyak yang mengkreasikannya sehingga banyak sekali variasinya. Pembuatan mantau, tentu jauh lebih mudah dan praktis. Untuk menghasilkan mantau yang enak, bahan yang dipilih pun harus tepat dan cara pembuatannya harus benar. Nah untuk membuatnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

KENALI BAHAN
- Tepung terigu, untuk mantau Anda tidak perlu menggunakan tepung terigu berprotein tinggi seperti pembuatan roti pada umumnya. Dengan tepung terigu protein sedang akan menghasilkan mantau yang empuk dan lembut. Peran tepung sebagai pembentuk kerangka.
- Ragi, bahan ini fungsinya sebagai pengembang. Sekarang orang cenderung memilih ragi instan untuk mengembangkan mantau, karena lebih praktis dan mudah sekali dibeli dipasaran. Keisitimewaan penggunaan ragi instant ini tidak perlu direndam terlebih dahulu dalam air hangat, tapi bisa langsung diaduk dalam adonan.
- Gula, setiap adonan yang memakai ragi harus menggunakan gula, meski kue tersebut berasa gurih. Mengapa gula wajib digunakan ? Gula selain difungsikan sebagai sumber energi bagi aktifitas ragi, pemberi rasa juga membuat susunan serta butiran adonan menjadi halus dan lembut.
- Gula yang digunakan bisa memakai gula bisa memakai gula pasir ataupun gula halus. Pilih gula yang warnanya putih agar hasil mantau warnanya tampak bersih dan menarik.
- Garam, meskipun pemakaiannya dalam jumlah sedikit, bahan yang satu ini sangat besar penggaruhnya. Selain memberi rasa gurih, garam berfungsi menghambat kerja ragi dan pengontrol pengembangan adonan, sehingga adonan dapat mengembang disaat yang tepat. Karena itu penambahan garam dicampur dengan ragi. Sebaiknya garam dimasukkan saat adonan sudah tercampur rata atau terakhir kali.
- Cairan, bahan yang digunakan bisa air ataupun susu. Fungsinya untuk melarutkan bahan padat dan menyebarkan bahan-bahan lainnya secara rata. Penambahan dengan cairan susu, selain berpengaruh pada citarasa dan aroma, juga membuat mantau lebih lembut dan empuk. Jika tidak ada susu cair, Anda bisa menggunakan susu bubuk yang dicairkan. Caranya campur 4 – 5 sendok makan susu bubuk dengan 500 ml air hangat, dengan tujuan agar susu tidak menggumpal.
- Mentega Putih, walaupun penggunaannya dalam jumlah sedikit, untuk membuat mantau yang putih bersih, lemak yang digunakan adalah mentega putih. Mentega putih merupakan jenis lemak padat yang mempunyai sifat tidak memberi rasa, aroma dan warna, sehingga fungsinya untuk memberikan tekstur dan keempukan.

TEKNIK PEMBUATAN ADONAN
- Cara membuat mantau amatlah sederhana, seluruh bahan dicampur rata kecuali garam dan lemak (mentega putih) yang mesti ditambahkan pada tahap terakhir kali. Pengadukan bisa dilakukan dengan mixer ataupun tangan hingga adonan elastis.
- Mantau umumnya dibuat dengan dua warna. Adonan putih bisa dipadukan dengan adonan warna lainnya seperti cokelat, hijau pandan, dll.
- Untuk mengetahui adonan elastis, ambil sedikit adonan lalu tarik melebar. Jika adonan tidak robek berarti adonan sudah kalis.
- Adonan yang sudah elastis diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya mengembang. Proses fermentasi ini sebaiknya jangan melewati waktu yang berlebihan.
- Setelah mengembang, keluarjan udara sambil sedikit ditekan-tekan atau dipipihkan, lalu adonan dibuat 2 warna dengan cara ditumpuk dan digulung hingga padat. Daimkan kembali adonan selama 10 menit, adonan mantau bisa langsung dipotongpotong. (untuk memudahkan memotong, adonan bisa disimpan dalam lemari es sebentar hingga agak mengeras)
- Semakin banyaknya kreasi, kini adonan mantau dapat dibentuk sesuai selera seperti yang ada dipasaran.

MANTAU NIKMAT DISANTAP PANAS (KUKUS & GORENG)
Setelah adonan dibentuk sedemikian rupa, proses yang terakhir adalah proses pemasakan dengan cara dikukus minumal 15 menit hingga matang. Penyajian mantau selain dikukus, ada juga yang digoreng hingga kecokelatan. Jadi setelah dikukus, mantau siap digoreng dalam minyak panas sedang. Ingatlah, mantau adalah roti yang enak dinikmati selagi masih hangat. Mantau yang dingin cenderung lebih keras dan kurang enak disantap. *Upi/dbs

Comments (0)Add Comment

Write comment
You must be logged in to a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy
 
Advertisement
Special Offers
Image Image
 
Image

Image

Image

Image

Image  

 

 
User Login

Syndicate
Who's Online
We have 2 guests online